MEGENGAN DESA BOLO TAHUN 2022

Indonesia kaya akan Budaya dan Kearifan Lokal, contohnya Desa Bolo, pada Hari ini telah melaksanakan acara Megengan. Megengan adalah tradisi masyarakat Jawa yang pada umumnya terdapat di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur dalam menyambut bulan Pasa. Megengan diambil dari bahasa Jawa yang artinya menahan/ngempet.

Megengan merupakan suatu peringatan bahwa dalam waktu dekat akan memasuki bulan Pasa (Ramadhan), bulan dimana umat Islam diwajibkan berpuasa, yaitu menahan untuk tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang dapat menggugurkan ibadah puasa tersebut.

Masyarakat biasanya berbondong-bondong untuk berziarah kubur terlebih dahulu, membersihkannya serta menaburi bunga di atasnya dan tidak lupa mendoakannya.

Tak terkecuali Pemerintah Desa Bolo Hari ini melaksanakan acara megengan di area makam Mbah Bolo, acara pertama diawali dengan pembacaan surat alfatihah, & do’a kemudian dilanjutkan dengan makan bersama nasi ingkungan / tumpengan, serta pembacaan Al Qur’an dan do’a tahlil arwah seluruh ahli kubur masyarakat Desa Bolo oleh para Hafidz / Hafidzoh Seluruh Desa Bolo hingga sore nanti.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Bolo Bapak H. WIKNYO UTOMO berserta perangkatnya , Ketua BPD Desa Bolo, dan para Hafidz / Hafidzoh seluruh Desa Bolo.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan