SEDEKAH BUMI / APITAN, PAK LURAH NANGGAP WAYANG

Sedekah bumi adalah salah satu warisan budaya para leluhur. Tradisi Sedekah Bumi, merupakan salah satu bentuk ritual tradisional masyarakat yang sudah berlangsung secara turun temurun. Sedekah bumi, merupakan wujud rasa syukur manusia kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rejeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi.

Di Desa Bolo sendiri Tradisi sedekah Bumi dilaksanakan dibulan Apit ( Salah satu bulan dalam kalender tahun jawa ) atau setelah bulan Syawal dalam kalender tahun jawa.
Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggelar do’a bersama dan slametan ambengan di halaman rumah Kepala Desa Bolo.

Selain itu pihak Pemerintah Desa menggelar Pertunjukan Seni Wayang Kulit sehari semalam hal ini selain untuk menguri-uri budaya, juga dapat sebagai sarana hiburan Masyarakat Desa setahun sekali dan untuk sarana silaturahmi antar warga.

Dalam pertunjukan seni wayang kulit ini, menampilkan lakon “wahyu cakraningrat” dengan Dalang ( Ki Heri Kusumo ) yang digelar di Halaman Rumah Kepala Desa Bolo ( H.Wiknyo Utomo ).

Kearifan lokal ini diharapkan akan terus berjalan seiring berkembangnya zaman agar para generasi penerus bangsa tidak melupakan budaya dari para leluhur atau nenek moyangnya sendiri.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan